Untitled Document

Kawat Gigi

Kawat gigi dibutuhan bagi gigi yang letaknya tidak pada tempatnya. Namun, banyak para remaja yang memasang kawat gigi walaupun gigi mereka tidak bermasalah.
PERENCANAAN TERTULIS
sebelum memasang kawat gigi, harus dilakukan perencanaan yang isinya memaparkan masalah pasien, tindakan dokter yang diperlukan, dan estimasi biaya pada saat pemasangan dan pemeliharaan sesudah kawat dilepas.
JENIS DAN SISTEM
Kawat gigi ada yang terbuat dari metal atau clear.. Yang clear, bahannya ada yang terbuat dari composite, porselin, atau plastik. Ines mengingatkan, “hal terpenting dari kawat gigi adalah sistemnya. Yang paling sering dipakai sistem straight wire atau conventional bracket. Sedangkan sistem bracket yang harganya paling mahal adalah sistem damon karena meminimalisasi waktu kontrol ke dokter dan tidak menggunakan karet pada penahan giginya.”
PAKAI PENAHAN
Setelah kawat gigi dilepas, agar letaknya tidak kembali ke semula maka dibutuhkan retainer atau penahan. Retainer disarankan selalu dipakai 24 jam selama 6 bulan pertama, setelah itu boleh dikenakan saat tidur saja. Retainer idealnya dipakai selama 1 tahun.
PRODUK IMPOR
Mahalnya biaya pemasangan kawat gigi disebabkan karena semua bahan yang dipakai masih diproduksi di luar negeri. Untuk harga kawat gigi, berkisar antara Rp 7-15 juta. Untuk kawat dan bracket transparan harganya mulai dari Rp 9 juta. Yang berbahan metal dengan bracket karetnya warna-warni, harganya lebih murah. Sementara harga retainer berkisar antara Rp 750 ribu- Rp 2 juta. Semua harga tergantung dari nilai estetika, sistem, dan bahannya loch..

0 komentar:

Posting Komentar

next page